Wednesday, April 3, 2019

Mengenal Layanan Sirkulasi pada Ilmu Perpustakaan


Oleh: Neo Astrid Tiffany

Perpustakaan ialah wadah yang dibutuhkan oleh siapa saja. Baik untuk umum maupun para pelajar, karena pada dasarnya perpustakaan merupakan tempat belajar-mengajar yang digariskan pemerintah untuk para generasi. Adapun perbedaan para pemakai terlihat dari lembaganya, jika perpustakaan umum itu berarti dapat dikunjungi oleh siapa saja, bapak-bapak, ibu-ibu ataupun siswa-siswi sangat dihalalkan untuk berkunjung karena ‘umum’ untuk merujuk ke siapa saja. Lalu jika perpustakaan di bawah instansi, berarti perpustakaan tersebut dinaungi oleh lembaga dan setiap lembaga pasti punya peraturan yang berbeda, seperti perpustakaan sekolah ataupun perguruan tinggi, tentu para penggunanya siswa/i yang berada di sekolah ataupun perguruan tinggi tersebut.
Layanan sirkulasi adalah salah satu layanan yang disediakan oleh perpustakaan untuk melayani pemustaka. Hal ini mencangkup peminjaman, pengembalian serta perpanjangan masa jika sekiranya belum ingin mengembalikan buku tersebut. Layanan ini pasti terdengar sangat asing oleh masyarakat awam karena tidak semua yang mengerti ataupun hanya sekedar tahu mengenai ini. Namun tanpa disadari, saat kita ke perpustakaan dan meminjam buku ataupun memulangkannya, kita telah melakukan tatap muka dengan layanan sirkulasi. Baiklah saya akan sedikit menjelaskan pengertian dari pelayanan sirkulasi ini sendiri serta menjelaskan fungsi dan tujuan layanan sirkulasi bagi pengguna perpustakaan.


  • Pengertian Layanan Sirkulasi
Kata sirkulasi berasal dari bahasa inggris, “circullation” yang memiliki arti perputaran, peredaran (Ibrahim, 2000: 4). Jika dikaitkan dengan perpustakaan, pelayanan sirkulasi adalah pelayanan yang menyangkut peredaran bahan pustaka pada sebuah perpustakaan. Pelayanan sirkulasi adalah kegiatan kerja yang berupa pemberian bantuan kepada pemakai perpustakaan dalam proses pinjam dan pengembalian bahan pustaka (Sulistyo, 1993: 257).  Dapat disimpulkan jika sebuah perpustakaan  memang memberikan jasa ataupun layanan tersebut pada setiap pengguna untuk memudahkan dalam peminjaman buku tanpa merusak citra perpustakaan.
Pelayanan sirkulasi juga mempunya tata tertib, seperti peraturan penggunaan bahan pustaka, macam-macam bahan pustaka yang boleh serta tidak boleh dipinjam, jangka waktu peminjaman, pengguna akan dikenakan denda jika terlambat memulangkan buku, merusak ataupun menghilangkannya, dan yang terakhir info seputar jam buka perpustakaan. Jadi, layanan sirkulasi tentu punya jam istirahat, ya, karena petugasnya juga manusia biasa, hehe.

  • Fungsi Layanan Sirkulasi
Menurut Sulistyo Basuki (1993: 257-259) fungsi sirkulasi adalah sebagai berikut:
  1. Mengawasi pintu masuk dan keluar. Petugas sirkulasi harus mengawasi pintu masuk dan keluar perpustakaan.
  2. Pendaftaran anggota, perpanjangan anggota dan penggunduran diri anggota perpustakaan, maka dia harus mengisi formulir keanggotaan terlebih dahulu untuk memenuhi syarat. Setelah selesai mengisi, formulir diberikan pada petugas sirkulasi.
  3. Meminjamkan serta mengembalikan buku dan memperpanjang waktu peminjaman.
  4. Menarik denda bagi setiap buku yang telat dikembalikan.
  5. Menggeluarkan surat peringatan bagi setiap buku yang belum dikembalikan.
  6. Tugas yang berkaitan dengan peminjaman buku, khususnya bagi buku yang hilang atau rusak. Jika buku tersbut hilang, pengguna diminta pertanggungjawaban untuk mengganti buku tersebut namun jika tidak dapat diganti maka pengguna wajib membayar buku tersebut dengan harga yang sama.


  • Tujuan Layanan Sirkulasi 

Tujuan sirkulasi pastinya untuk mempermudah para pengguna dalam meminjam koleksi perpustakaan serta memiliki feedback yang sama pada perpustakaan agar lebih terkontrol dan mengetahui siapa saja yang meminjam buku tersebut.


DAFTAR PUSTAKA
Rahmah, Elva. 2018. Akses Dan Layanan Perpustakaan Teori dan Aplikasi. Jakarta: Prenadamedia Group



Tulisan ini dibuat untuk memenuhi tugas  mata kuliah Layanan Sirkulasi. Semoga bermanfaat :)


4 comments:

Hello Perkenalkan

Saya biasa dipanggil Ney. Salah satu pelajar dari Medan, Sumut. Suka membaca dan terkadang menulis untuk mengisi waktu kosong. Semoga blog ini bisa berguna buat para pengunjung yang singgah. Terima kasih :)

contact me: momijigarii99@gmail.com