Thursday, June 13, 2019

Insto Dry Eyes Sahabat si Kutu Buku


Memiliki waktu luang untuk membaca adalah anugerah untuk pecinta buku, saya salah satunya. Setelah seharian disibukkan dengan berbagai aktivitas, kuliah, bikin tugas, beres-beres kamar kos dan segudang aktivitas lain, bisa leyeh-leyeh sambil baca novel favorit sebelum tidur jadi salah satu healing activity yang TOP banget.


Namanya juga baca novel, pastinya cari posisi yang paling enak supaya baca novelnya makin menjiwai. Cara saya untuk mendapatkan posisi enak itu sambil tiduran, lampu diredupkan dan pasang kipas angin. Mantap sekali!
Tapi di balik kenikmatan yang hakiki itu saya sering merasa ada yang enggak beres dengan mata, agak sepet dan seperti  agak kabur pandangannya. Sempat berpikir kalau mata saya kena rabun jauh akibat baca di tempat gelap, tapi setelah saya tiduran sebentar dan berhenti baca, mata saya terasa baikan lagi.
Setelah tanya-tanya sama kakak sepupu, rupanya mata sepet yang saya rasakan itu karena mata saya lelah dan mata lelah ini adalah salah satu gejala mata kering. Ternyata mata bisa lelah karena terlalu lama membaca, di ruangan dengan cahaya yang buruk, sambil tiduran pula. Jadi ibaratnya mata kita itu bekerja keras untuk menyesuaikan cahaya yang masuk ke mata, sekaligus menangkap tulisan yang akan diterjemahkan di otak. Ditambah lagi kipas angin dengan udaranya yang bikin mata terasa kering.
Aduh, kasihan banget mata saya. Huhu.


Macam-Macam Penyebab Mata Kering
Karena penasaran, akhirnya saya cari tahu lagi deh tentang si mata kering ini, dan ternyata ada banyak banget penyebab mata kering yang sering saya lakukan. Misalnya saja :
-          Membaca terlalu lama
-          Terlalu asyik main HP sampai berjam-jam
-          Nonton TV atau nonton film di laptop dengan kondisi lampu remang
-          Layar HP/laptop full brightness
-          Kurang tidur
-          Terlalu lama di ruangan AC/di depan kipas angin
-          Pakai hair dryer
-          Terkena asap kendaraan dan polusi udara serta masih banyak lagi
Semuanya aktivitas harian banget, ya? Ternyata bisa membuat mata kita jadi bermasalah. Padahal terlihat sepele, tapi efeknya buruk untuk kesehatan mata. Jika gejala mata kering dibiarkan, maka bisa menimbulkan masalah besar untuk mata, misalnya saja rabun dan juga kebutaan.
Gejala Mata Kering yang Sering Disepelekan
Seperti yang telah saya sebutkan sebelumnya, gejala mata kering yang dianggap sepele bisa berakibat rabun, bahkan kebutaan. Karena mata tak mampu melubrikasi bola mata dengan baik, akhirnya mata jadi kekeringan dan muncul luka-luka di permukaan bola mata. Selain itu bakteri dan debu yang masuk ke dalam mata tak bisa dibilas dan terbuang dengan baik, melainkan malah terjebak di luka-luka tersebut.
Nah, gejala mata kering yang sering disepelekan adalah :
1.      Mata Sepet. Ini adalah gejala mata kering yang saya rasakan, mata sepet seakan ada sesuatu yang mengganjal di mata, mata terasa kering dan rasanya ingin digosok-gosok terus supaya sepetnya hilang. Tapi bukannya hilang, mata malah terasa perih dan merah.
2.      Mata Pegel. Saat mata terlalu lelah, biasanya terasa seperti menegang dan bola mata seakan mau keluar. Biasanya terjadi kalau terlalu lama menatap layar monitor, TV maupun layar HP. Mata pegel bisa bikin mual dan muntah juga karena rasa tak nyaman pada mata.
3.      Mata Perih. Mata perih terjadi karena ada luka di bola mata, atau karena ada debu halus yang terjebak di mata dan melukai mata.
Sepele banget, kan? Padahal efeknya ngeri banget!
Supaya bisa mengatasi gejala mata kering dengan cepat dan aman, saya sih percaya dengan Insto Dry Eyes. Bukannya tanpa alasan, ya! Karena Insto Dry Eyes ini bukan sembarangan tetes mata, Insto Dry Eyes mengandung Hydroxyproptyl methylcellulose yang merupakan kandungan aktif dan mampu mengatasi kekeringan di mata kita, melumasinya dengan baik seperti air mata asli yang dihasilkan kelenjar di sekitar mata. Plus, bisa membunuh bakteri yang masuk ke dalam mata kita juga, lho!

Itulah kenapa saya jadi sedia Insto Dry Eyes di kostan, jadi tiap kali mata lelah mulai melanda, langsung deh teteskan Insto. Ah ya, selain selalu sedia Insto Dry Eyes, saya juga membiasakan diri supaya enggak baca buku sambil tiduran dan di bawah lampu remang-remang. Seenggaknya pencahayaan di dalam ruangan harus cukup, perbanyak minum, makan makanan yang menjaga kesehatan mata dan rajin senam mata juga supaya terhindar dari gejala mata kering.

1 comment:

Hello Perkenalkan

Saya biasa dipanggil Ney. Salah satu pelajar dari Medan, Sumut. Suka membaca dan terkadang menulis untuk mengisi waktu kosong. Semoga blog ini bisa berguna buat para pengunjung yang singgah. Terima kasih :)

contact me: momijigarii99@gmail.com