Sistem Self Service di Perpustakaan STIKOM Surabaya
Neo Astrid Tiffany (0601173074)
Fakultas Ilmu Sosial
Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
Abstrak
Jika membahas tentang layanan sirkulasi, yang terlintas dalam benak kita
pasti tentang peminjaman, pengembelian ataupun perpanjangan koleksi pada
perpustakaan. Tak lari dari pembahasan, artikel ini memuat tentang layanan
sirkulasi yang sudah berteknologi self service di perpustakaan STIKOM Surabaya.
Self service sendiri merupakan teknologi yang ada di perpustakaan sebagai upaya
layanan pemustaka mandiri. Self service sudah tidak asing lagi di dengar,
bahkan banyak perpustakaan yang sudah menerapkan sistem ini.
Kata kunci: layanan
sirkulasi, self service.
PENDAHULUAN
Perpustakaan sebagai salah satu sarana pembelajaran yang dapat menjadi
sebuah kekuatan untuk mencerdaskan bangsa, menjadikan tempat yang menyenangkan
bagi semua pengguna jasa informasi. Dengan memposisikan intuisi dengan sumber
pembelajaran, perpustakaan merupakan kekuatan untuk mencapai posisi yang
strategis dan berfungsi sebagai agen perubahan sosial yang meningkatkan
kualitas kehiduapan dengan memenuhi kebutuhan informasi masyarakat (Narmiyanti,
2007:10)
PEMBAHASAN
A. Seputar perpustakaan STIKOM
Surabaya
Perpustakaan Insitut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya didirikan
bersama dengan organisasi induknya yaitu Sekolah Tinggi Manajemen Informatika
dan Ilmu Komputer Surabaya (STIKOM Surabaya) pada tanggal 30 April 1983
berdasarkan SK Yayasan Putra Bhakti No. 01/ KPT/ PB/ III? 1983. Pada awal mula
berdiri nama yang digunakan adalah AKIS (Akademi Manajemen Informatika &
Komputer Surabaya) dan berlokasi Jl. Kelintang Baru XIV/ 2 Surabaya.
Tanggal 20 maret 1986 AKIS kemudian berkembang menjadi Sekolah Tinggi
berdasarkan SK Yayasan Putra Bhakti No. 07/ KPT/ PB/ 03/ 86. Nama AKIS berubah
menjadi Sekolah Tinggi Manajemen Informatika & Teknik Komputer Surabaya
dengan perpustakaannya kemudian pindah ke gedun SIER Jl. Rungkut Industri I/ 1
Surabaya pada tahun1987. Perkembangan terus dilakukan sampai pada tahun 1999
STIKOM Surabaya telah memiliki gedung
dengan 9 lantai di Jl. Raya Kedung Baruk No 98 Surabaya.
Perkembangan dunia pendidikan yang semakin meningkat dirasa perlu untuk
melakukan pengembangan secara berkelanjutan. Pada tanggal 2 oktober 2014
berdasarkan surat keputusan menteri pendidikan dan kebudayaan republik Indonesia
No. 378/ E/ O/ 2014 tanggal 4 september 2014. Sekolah Tinggi Manajemen
Informatika & Teknik Komputer Surabaya (STIKOM Surabaya) resmi berubah
menjadi institut dengan nama Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya,
dengan demikian nama perpustakaan juga mengikuti nama organisasi induknya yaitu
Perpustakaan Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya.
Bertambahnya jumlah koleksi perpustakaan dan jumlah masyarakat akademik
Stikom Surabaya selanjutnya dirasa perlu untuk melakukan pengembangan terhadap
ruang perpustakaan sehingga dapat menampung seluruh koleksi serta memberikan
ruang untuk pemustaka melakukan kegiatan pembelajaran, penelitian dan interaksi
sosial.
B. Penerapan Teknologi Radio Frequency Identification (RFID) di
Perpustakaan Stikom Surabaya
Saat ini seluruh warga Stikom memiliki kartu identitas berbasis RFID. Kartu
identitas ini dapat digunakan untuk menggunakan fasilitas dan layanan yang ada
di kampus Stikom Surabaya, seperti membuka gerbang parkir, membeli minuman, dan
presensi di kelas. Seiring dengan penggunaan RFID pada setiap layanan di
Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya, Perpustakaan juga telah
memanfaatkan RFID pada beberapa layanannya. Kartu identitas Stikom berbasis
RFID juga digunakan untuk melakukan transaksi peminjaman, pengembalian, dan
pembayaran denda keterlambatan pengembalian pinjaman koleksi di perpustakaan.
Pinjaman koleksi dapat dilakukan pada Komputer Sirkulasi Mandiri dengan
melakukan tapping kartu pada RFID Reader yang tersedia untuk membuka aplikasi
pinjaman koleksi.
PENUTUP
Layanan sirkulasi merupakan layanan yang diberikan oleh perpustakaan
Institut bagi anggota langsung untuk melayani transaksi peminjaman,
pengembalian, perpanjangan dan pemesanan koleksi bahan pustaka. Layanan ini
hanya diberikan pada anggota langsung Perpustakaan Institut Bisnis dan
Informatika Stikom Surabaya. Sejak tanggal 16 Februari 2009, khusus untuk
mahasiwa aktif, staff dan dosen yang ingin meminjam koleksi disediakan layanan
self-service yang dinamakan peminjaman mandiri.
Sumber: Perpustakaan Stikom Surabaya
Sumber: Perpustakaan Stikom Surabaya
Terimakasih infonya mbak. Ditunggu lamarannya #eeh updatenya. First coment loh aku
ReplyDeleteSangat bagus.. tingkatkan terus menulisnya..
ReplyDeleteSangat bermanfaat dan menambah wawasan
ReplyDeleteThis comment has been removed by the author.
ReplyDeleteBermanfaat banget nek😂
ReplyDeleteTerima kasih ilmunya 💕
ReplyDeleteBagus banget artikelnya, informasi yg disampaikan d dalamnya juga bagus.. Sukses dan semangat terus... 😊👍
ReplyDeleteNice
ReplyDeleteInfo yg bermanfaat. Bagusss😊👍
ReplyDeleteThis comment has been removed by the author.
ReplyDeleteMenambah wawasan sekali, good job
ReplyDelete