Tuesday, June 11, 2019

Sistem Self Service di Perpustakaan STIKOM Surabaya


Sistem Self Service di Perpustakaan STIKOM Surabaya
Neo Astrid Tiffany (0601173074)
Fakultas Ilmu Sosial
Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan



Abstrak
Jika membahas tentang layanan sirkulasi, yang terlintas dalam benak kita pasti tentang peminjaman, pengembelian ataupun perpanjangan koleksi pada perpustakaan. Tak lari dari pembahasan, artikel ini memuat tentang layanan sirkulasi yang sudah berteknologi self service di perpustakaan STIKOM Surabaya. Self service sendiri merupakan teknologi yang ada di perpustakaan sebagai upaya layanan pemustaka mandiri. Self service sudah tidak asing lagi di dengar, bahkan banyak perpustakaan yang sudah menerapkan sistem ini.
Kata kunci: layanan sirkulasi, self service.

PENDAHULUAN
Perpustakaan sebagai salah satu sarana pembelajaran yang dapat menjadi sebuah kekuatan untuk mencerdaskan bangsa, menjadikan tempat yang menyenangkan bagi semua pengguna jasa informasi. Dengan memposisikan intuisi dengan sumber pembelajaran, perpustakaan merupakan kekuatan untuk mencapai posisi yang strategis dan berfungsi sebagai agen perubahan sosial yang meningkatkan kualitas kehiduapan dengan memenuhi kebutuhan informasi masyarakat (Narmiyanti, 2007:10)



PEMBAHASAN 

A. Seputar perpustakaan STIKOM Surabaya

Perpustakaan Insitut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya didirikan bersama dengan organisasi induknya yaitu Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Ilmu Komputer Surabaya (STIKOM Surabaya) pada tanggal 30 April 1983 berdasarkan SK Yayasan Putra Bhakti No. 01/ KPT/ PB/ III? 1983. Pada awal mula berdiri nama yang digunakan adalah AKIS (Akademi Manajemen Informatika & Komputer Surabaya) dan berlokasi Jl. Kelintang Baru XIV/ 2 Surabaya.
Tanggal 20 maret 1986 AKIS kemudian berkembang menjadi Sekolah Tinggi berdasarkan SK Yayasan Putra Bhakti No. 07/ KPT/ PB/ 03/ 86. Nama AKIS berubah menjadi Sekolah Tinggi Manajemen Informatika & Teknik Komputer Surabaya dengan perpustakaannya kemudian pindah ke gedun SIER Jl. Rungkut Industri I/ 1 Surabaya pada tahun1987. Perkembangan terus dilakukan sampai pada tahun 1999 STIKOM Surabaya  telah memiliki gedung dengan 9 lantai di Jl. Raya Kedung Baruk No 98 Surabaya.
Perkembangan dunia pendidikan yang semakin meningkat dirasa perlu untuk melakukan pengembangan secara berkelanjutan. Pada tanggal 2 oktober 2014 berdasarkan surat keputusan menteri pendidikan dan kebudayaan republik Indonesia No. 378/ E/ O/ 2014 tanggal 4 september 2014. Sekolah Tinggi Manajemen Informatika & Teknik Komputer Surabaya (STIKOM Surabaya) resmi berubah menjadi institut dengan nama Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya, dengan demikian nama perpustakaan juga mengikuti nama organisasi induknya yaitu Perpustakaan Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya.
Bertambahnya jumlah koleksi perpustakaan dan jumlah masyarakat akademik Stikom Surabaya selanjutnya dirasa perlu untuk melakukan pengembangan terhadap ruang perpustakaan sehingga dapat menampung seluruh koleksi serta memberikan ruang untuk pemustaka melakukan kegiatan pembelajaran, penelitian dan interaksi sosial.

B. Penerapan Teknologi Radio Frequency Identification (RFID) di Perpustakaan Stikom Surabaya

Saat ini seluruh warga Stikom memiliki kartu identitas berbasis RFID. Kartu identitas ini dapat digunakan untuk menggunakan fasilitas dan layanan yang ada di kampus Stikom Surabaya, seperti membuka gerbang parkir, membeli minuman, dan presensi di kelas. Seiring dengan penggunaan RFID pada setiap layanan di Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya, Perpustakaan juga telah memanfaatkan RFID pada beberapa layanannya. Kartu identitas Stikom berbasis RFID juga digunakan untuk melakukan transaksi peminjaman, pengembalian, dan pembayaran denda keterlambatan pengembalian pinjaman koleksi di perpustakaan. Pinjaman koleksi dapat dilakukan pada Komputer Sirkulasi Mandiri dengan melakukan tapping kartu pada RFID Reader yang tersedia untuk membuka aplikasi pinjaman koleksi.

PENUTUP
Layanan sirkulasi merupakan layanan yang diberikan oleh perpustakaan Institut bagi anggota langsung untuk melayani transaksi peminjaman, pengembalian, perpanjangan dan pemesanan koleksi bahan pustaka. Layanan ini hanya diberikan pada anggota langsung Perpustakaan Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya. Sejak tanggal 16 Februari 2009, khusus untuk mahasiwa aktif, staff dan dosen yang ingin meminjam koleksi disediakan layanan self-service yang dinamakan peminjaman mandiri.
Sumber: Perpustakaan Stikom Surabaya

11 comments:

  1. Terimakasih infonya mbak. Ditunggu lamarannya #eeh updatenya. First coment loh aku

    ReplyDelete
  2. Sangat bagus.. tingkatkan terus menulisnya..

    ReplyDelete
  3. Sangat bermanfaat dan menambah wawasan

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  5. Bagus banget artikelnya, informasi yg disampaikan d dalamnya juga bagus.. Sukses dan semangat terus... 😊👍

    ReplyDelete
  6. Info yg bermanfaat. Bagusss😊👍

    ReplyDelete
  7. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete

Hello Perkenalkan

Saya biasa dipanggil Ney. Salah satu pelajar dari Medan, Sumut. Suka membaca dan terkadang menulis untuk mengisi waktu kosong. Semoga blog ini bisa berguna buat para pengunjung yang singgah. Terima kasih :)

contact me: momijigarii99@gmail.com