Wednesday, May 29, 2019

CRITICAL JOURNAL REVIEW


LAPORAN TUGAS CRITICAL JOURNAL REVIEW


Digital Libraries: The Systems Analisis Perspective: Making Sale
Untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah Sumber Informasi Sosial dan Humaniora

Dosen Pengampu:
MIFTA KHULZANNAH, M.A.

Disusun Oleh:
NEO ASTRID TIFFANY (0601173074)


PROGRAM STUDI ILMU PERPUSTAKAAN
FAKULTAS ILMU SOSIAL
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUMATERA UTARA
2019
CRITICAL JOURNAL REPORT
1.1.            Identitas Jurnal

Judul Artikel               : Digital Libraries: The Systems Analisis Perspective: Making Sale
Judul Jurnal                 : Digital Library Perspective
Penulis                         : Robert Fox
Tahun Terbit                : 2017
Tanggal Akses             : 17 May 2019

1.2.            Laporan Critical Journal Report

I.                   Pengantar
Assalamualaikum Wr. Wb
Puji syukur kehadirat Allah Swt yang telah melimpahkan hidayah dan karunianya kepada kita semua. Sholawat beriringkan salam, saya hadiahkan untuk baginda Rasulullah, Nabi Muhammad S.A.W. Tak lupa pula rasa syukur pada ALLAH sehingga saya bisa menjalani kehidupan ini sesuai dengan ridho-Nya. Saya bersyukur karena telah menyelesaikan kritik jurnal ini tepat pada waktunya.
Lalu selanjutnya, saya ucapkan terima kasih pada Ibu Mifta Khulzannah, selaku dosen pengampu mata kuliah Sumber Informasi Sosial dan Humaniora yang telah membimbing saya dan teman-teman. Saya mohon maaf jika masih banyak kekurangan ataupun kesalahan pada kritik jurnal ini, karena saya sendiri masih belajar. Untuk itu, pada para pembaca, kritik dan saran sangat diterima sebagai masukan positif pada kritik jurnal saya.
Semoga tulisan ini bermanfaat bagi para pembaca. Terima kasih, wassalamualaikum. Wr. Wb.


Medan, 29 May 2019
Penulis


II.                Ringkasan Artikel/Hasil Penelitian
Artikel ini berisi tentang penawaran pelayanan digital di sebuah perpustakaan. Di mana, tidak hanya seorang mahasiswa saja yang dapat berleluasa dengan perpustakaan dan pendidikan, melainkan masyarakat umum juga. Artikel juga mengkaitkan isi dengan penjualan produk, yang mana pembahasan tertuju pada satu topik, yaitu pemasaran. Penulis berasumsi mengenai zaman yang serba instan ini. Di mana, digitali sangat dibutuhkan dan memiliki minat yang banyak, maka pemasaran yang paling ampuh digunakan lewat digital. Menurut saya pribadi, artikel adalah perbandingan. Membandingkan sisi perpustakaan yang harus berotomasi dan membandingkan sisi penjualan manual beralih menjadi digital.
III.             Keunggulan Artikel
Artikel menyinggung tentang persektif atau pandangan orang-orang tentang dunia digital. Membandingkan satu sisi dengan satu sisi lainnya, guna memiliki referensi yang cukup tentang dampak digital. Artikelnya bagus, dan dapat digunakan oleh bebas kalangan.
IV.             Kelemahan Artikel
Saya cukup mengkerutkan alis ketika membaca artikel hanya dengan sekali baca. Menurut saya, judulnya tidak sepadan dengan isi. Sedikit menyimpang, sebab artikel membahas tentang pemasaran yang jauh berbeda dengan tema yang ada. Saya mengira, artikel membahas full tentang perpustakaan yang sedang berotomasi. Namun, kembali lagi. Artikel adalah pandangan penulis dan sebuah analisis.
1.3.            Kesimpulan dan Saran

a.       Kesimpulan
Perubahan zaman tidak bisa dielak, mau dari zaman batu sampai ke zaman yang serba teknologi ini. Sebagai millennial, mengikuti perkembangan zaman memanglah sebuah tuntutan. Mau atau tidak mau, kita harus menjalankan hal yang sama. Sekarang, tugas kita hanya memilah mana digitalisasi yang baik ataupun buruk. Menggunakan alat teknologi sebaik mungkin, seperti yang artikel ini katakan dibeberapa paragraph. Namun, jangan sampai buta digital juga..
1.4.            Daftar Pustaka
Fox, Robert.  Digital Libraries: The Systems Analisis Perspective: Making Sale. Volume 33, 2017.








9 comments:

  1. Singkat padat, lanjutkan karya yg baru

    ReplyDelete
  2. Informasi yg singkat namun bermanfaat.. sukses terusss😊

    ReplyDelete
  3. Semoga bermanfaat bagi pembaca

    ReplyDelete
  4. Analisis nya keren ya neyy,, apalagi bagian kelemahan jurnalnya. Good job👍👍

    ReplyDelete
  5. Informasinya dirangkum detail. Semangat terus update kak

    ReplyDelete
  6. Ulasan artikelnya kurang mendalam. banyak sekali informasi yang bisa diulas dari pilihan artikel yang sebenarnya cuckup menarik sayangnya kamu kurang membaca.

    Nilai: B

    ReplyDelete

Hello Perkenalkan

Saya biasa dipanggil Ney. Salah satu pelajar dari Medan, Sumut. Suka membaca dan terkadang menulis untuk mengisi waktu kosong. Semoga blog ini bisa berguna buat para pengunjung yang singgah. Terima kasih :)

contact me: momijigarii99@gmail.com